Label

Rabu, 26 Desember 2012

10 hal untuk melakukan penyelamatan saat bencana banjir terjadi....!!!!

http://ibnisakhiy.blogspot.com
Di musim penghujan tidak peduli di kota maupun di desa saat paling menegangkan dan biasa membuat kita panik adalah ketika terjadi bencana banjir. Apalagi jika banjir tersebut datang secara mendadak, misalnya pada malam hari saat kita sedang nyenyak terlelap tidur, sehingga membuat kesiapan menghadapinya berkurang. Ketenangan, ketabahan, dan tindakan cepat sangat kita perlukan pada kondisi seperti ini agar tidak jatuh korban.

Untuk itu, langkah-langkah berikut ini dapat digunakan untuk melakukan penyelamatan saat bencana banjir terjadi :
  1. Sebaiknya kita segera mungkin menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman, misalnya berlari ke tempat yang lebih tinggi atau naik ke lantai atas yang tidak terkena air banjir (jika rumah bertingkat).
  2. Sebaiknya kita menghindari kawasan banjir ketika melakukan pengungsian karena arus banjir yang deras mampu menghanyutkan kita.
  3. Sembari menyelamatkan diri,  kita juga harus mengajak anggota keluarga, kerabat, dan tetangga disekitar kita untuk segera menyelamatkan diri.
  4. Sesegara mungkin menyelamatkan barang-barang berharga sehingga tidak rusak atau hilang terbawa arus banjir, seperti perhiasan dan surat-surat penting.
  5. Selalu memantau kondisi ketinggian air setiap saat sehingga dapat dipakai sebagai dasar pedoman untuk melakukan tindakan selanjutnya.
  6. Sebaiknya kita tidak berjalan-jalan, melihat-lihat, berenang-renang di kawasan banjir, baik dengan rakit maupun berjalan kaki.
  7. Ketika terjadi banjir jangan sekali-kali kita menyentuh kabel-kebel listrik yang putus atau menyentuh tiang listrik.
  8. Kita sebagai orang tua, sebaiknya awasilah anak-anak atau balita kita, jangan biarkan mereka bermain-main disaluran air, sungai atau kawasan banjir dan arus deras lainnya.
  9. Janganlah kita meminum atau memasak dengan menggunakan air banjir. Karena air banjir sudah tercemar dengan berbagai kotoran yang sangat membahayakan bagi kesehatan tubuh.
  10. Jangan memanfaatkan banjir ini untuk mencari ikan dengan pergi memancing. Kerana jika seandainya arus air itu deras, air itu bisa menyeret kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar